Kegiatan Budi Pekerti Jumat Pagi

SMPN 65 Batam mengadakan kegiatan Budi pekerti setiap Jumat pagi. Kegiatan ini disesuaikan dengan agama dan kepercayaan yang dianut siswa di sekolah. Pendidikan Budi Pekerti ini sebagai suatu upaya untuk membentuk peserta didik sebagai pribadi seutuhnya yang tercermin dalam kata, perbuatan, sikap, pikiran, perasaan, dan hasil karya berdasarkan nilai-nilai agama serta norma dan moral luhur bangsa Indonesia. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai luhur sikap dan perilaku peserta didik agar memiliki sikap dan prilaku dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam berinteraksi dengan Tuhan, dengan sesama manusia maupun dengan alam/lingkungan. 


Bagi siswa yang beragama Islam, kegiatan Budi Pekerti dilakukan dalam bentuk pangajian yasinan dan bimbingan dari guru yang beragama Islam. Pada kegiatan ini, terlihat siswa aktif menampilkan kegiatan keagamaan. Di akhir kegiatan, diadakan kuis yang berkaitan dengan materi pengajian yang diberikan pembina pada hari itu. Sementara itu, kegiatan keagamaan bagi siswa nonmuslim dilakukan secara terpisah di ruang lain. Mereka berdiskusi sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianutnya. 

Berkaitan dengan implementasi strategi pendidikan budi pekerti dalam kegiatan sehari-hari, SMPN 65 Batam menerapkan teknis keteladanan. Dalam kegiatan sehari-hari guru, kepala sekolah, staf tata usaha 
harus dapat menjadi teladan atau model yang baik bagi murid murid di sekolah. Sebagai misal, jika guru ingin mengajarkan kesabaran kepada siswanya, guru menjadi sosok yang sabar dihadapan murid-muridnya. Begitu juga ketika guru hendak mengajarkan tentang pentingnya kedisiplinan kepada murid-muridnya, maka guru harus mampu memberikan teladan terlebih dahulu sebagai guru yang disiplin dalam menjalankan tugas pekerjaannya. Tanpa keteladanan, murid-murid hanya akan menganggap ajakan moral yang disampaikan sebagai sesuatu yang omong kosong belaka, yang pada akhirnya nilai-nilai moral yang diajarkan tersebut hanya akan berhenti sebagai pengetahuan saja tanpa makna.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan secara terus menerus dan konsisten setiap saat. Contoh kegiatan ini berdoa sebelum dan sesudah kegiatan, mengucapkan salam bila bertemu dengan orang lain, dan membersihkan ruang kelas tempat belajar.