Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H

Jumat, 21 Juli 2023, SMPN 65 Batam menyelenggarakan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriyah. Peringatan Tahun Baru Hijriyah ini diselenggarakan di di ruangan umum mejelis guru dari pukul 07.30 sampai dengan 10.30. Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, pembacaan sholawat yang diiringi oleh tim Hadrah SMPN 65 Batam, sambutan dari Kepala sekolah, serta kegiatan tausiyah dengan tema Membangun karakter Islami dengan teladan hijrah Nabi Muhammad SAW.

Tujuan diadakannya perayaan tahun baru Islam ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada siswa bahwa  1 Muharram merupakan suatu hari yang bersejarah bagi umat Islam tentang peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Makkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Siswa muslim mengingat perjuangan Nabi Muhammad SAW yang pada zaman dahulu hijrah dari Mekkah menuju Madinah. Bukan hanya itu saja, tujuan lain diadakannya acara ini adalah untuk mengajak para siswa berhijrah menjadi manusia yang beraakhlakul karimah.

Kegiatan ini dihadiri oleh kepala sekolah, guru, siswa, perwakilan orang tua dari paguyuban kelas, pengurus komite, perangkat RT, RW, dan tokoh masyarakat lingkungan SMPN 65 Batam. Peringatan 1 Muharraom juga dijadikan sebagai momentum yang memperkuat ukhwah islamiyah semua civitas akademika SMPN 65 Batam.